Senin, 02 Juni 2014

Koleksi Foto Hitam Putih Cilawu Jaman Hindia Belanda



Sebelum lahirnya Indonesia, bumi nusantara ini dulu dikenal dunia dengan nama Dutch East Indies, sebuah negara koloni Belanda yang dikenal dengan keindahan alam dan hasil bumi yang melimpah ini masih menyimpan banyak sejarah bangsa yang harus diketahui, salah satunya tentang sistem pemerintahan dan keamanan, untuk urusan militer negara Dutch East Indies masih dibantu tentara dari negara induk yakni Belanda, namun untuk keamanan dalam negeri Dutch East Indies memiliki lembaga kepolisian modern dengan nama Dutch East Indies Politie yang dibentuk pada tahun 1887 hingga 1945, mereka bertugas menjaga keamanan dalam sebuah kota atau wilayah, Dutch East Indies Politie sendiri diambil dari warga pribumi dengan seorang perwira Belanda sebagai pemimpin, berikut kumpulan koleksi foto-foto Cilawu jaman hindia belanda.
Bangunan Hotel Ngamplang pada tahun 1903


ini adalah pemandangan dari Hotel Ngamplang ke arah kota Garut. Yang tersisa dari Hotel Ngamplang adalah tinggal kolam dengan air mancur ini yang masih ada hingga sekarang.


Gadis Belanda ini berfoto di Ngamplang Garut. Tampak mobil Ford dengan plat nomer "D", yaitu nomer Priangan. Di tempat ini, pada waktu itu terdapat Hotel mewah, yaitu Hotel Ngamplang. Sekarang Hotel itu sdh tidak ada, di bakar habis oleh para pejuang pada saat revolusi. Orang-2 terkenal pada jaman itu pernah menginap di Ngamplang. Sekarang tempat ini adalah area lapangan Golf 9 hole saja.

foto besama Gubernur Jendral Belanda , Mr . Dirk Fock di Hotel Grand Ngamplang 18 September 1209


 
Ini adalah rumah salah satu pegawai perkebunan teh di Dayeuh Manggung garut, letak nya lebih ke Utara lagi dari Ngamplang, terletak di punggung Gunung Tjikuray. Pemandangan disini sangat indah, udaranya sangat segar dan sejuk. silahkan Agan dan Aganwati main kesini. Terdapat juga air terjun disini. Juga pemancar TVRI. Foto ini diambil pada tahun 1935. Dan rumah ini dulu ditempati oleh Familie Kokkeop, Afdeling dari Tea Plantation Dayeuhmanggung.

rumah para pegawai perkebunan Teh dayeuh manggung Garut. Kemungkinan Foto di ambil pada hari Jumat menjelang Shalat Jumat, terlihat para pekreja perkebunan menggunakan baju koko dan sarung akan pergi ke Mesjid. Sedangkan di latar depan Pejabat Perkebunan Belanda dengan celana selutut dan topi khas untuk pengawas perkebunan. Foto diambil tahun 1935.
 Sumber : Cilawu.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 Aldi Faisal Rivaldi
Theme by Yusuf Fikri